Les Privat atau Les Kelas?

“Gak paham ah…. Gurunya ngajar papan tulis mulu se… kelasnya juga berisik. Mama………. Rere mau ada guru les Privat aja.”

Seberapa besar kebutuhan anda akan hadirnya guru les privat yang bisa mendampingi belajar anak untuk semua mapel?.Memang kemampuan anak memahami pelajaran di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah cara mengajargurunya di sekolah yang kurang dipahami atau tak disukai sang anak. Atau, kondisi belajar yang kurang kondusif, misalnya ruang kelas terlalu ramai dan berisik sehingga menganggu konsentrasi belajar anak. Peran orang tua untuk mendampingi anaknya belajar di rumah juga mempengaruhi anak dalam memahami pelajaran, namun tidak sedikit orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka atau pelajaran sang anak belum tentu dipahami oleh orang tuanya. Maka dari itu anak atau orang tua lebih memilih lembaga bimbel atau les privat.

 Lingkungan tempat les belajar (Lembaga Bimbel), biasanya akan berbeda dengan lingkungan di sekolah formal, karena teman-temannya juga akan berbeda, sehingga sangat penting memang untuk memperhatikan lingkungan tempat les yang akan dimasuki anak. metode belajar yang digunakan adalah klasikal, dengan jumlah anak yang dibatasi, dan materi pelajaran yang telah disiapkan lembaga bimbel tadi. Namun tetap harus memperhatikan lingkungan tempat les, kalau lingkungan tempat les berisi anak-anak yang sering jajan, maka ada kecenderungan anak juga akan mengikutinya. Sehingga bisa berakibat si anak menjadi lebih boros dan tidak lagi fokus kepada proses belajarnya, malahan mungkin bisa jadi ia sibuk jajan dan bermain dengan teman-temannya tadi.

Contoh lainnya, ternyata teman-teman les si anak adalah anak-anak yang berperilaku kurang sopan dan sukanya main-main. Hal itu tentu sedikit banyak bisa berpengaruh terhadap diri si anak. Kalau ia tidak cocok, maka ia akan cenderung menyendiri. Tetapi kalau ia cocok dan ingin ikut-ikutan, maka ia bisa saja jadi berperilaku seperti teman-temannya tadi. Jadi, lingkungan belajar yang baik, akan memberikan manfaat yang baik pula bagi anak. Ujung-ujungnya, lagi-lagi, uang yang keluarkan tidak akan sia-sia kalau memang bisa memilih tempat les yang memiliki lingkungan yang baik.

Sementara les privat, metode belajar yang digunakan adalah pengajarnya mendatangi sang anak. Jumlah anak yang ikut bimbel privat pun biasanya hanya berjumlah 1-3 orang anak saja. Materi pelajaran yang diberikan lebih tergantung kepada kebutuhan anak. Biasanya, yang dipelajari adalah materi yang dianggap sangat sulit dipecahkan oleh sang anak. Oleh karena sifatnya lebih private dan mengikuti kemauan sang anak. Manfaat lainnya, dengan bimbel lembaga privat anak juga berkesempatan mengulang kembali pelajaran sekolah untuk bisa lebih dipahami lagi. Karena, materi pelajaran tentu akan lebih mudah diingat bila dipelajari berulang-ulang. Belajar anak lebih terpantau oleh orang tua. Karena kegiatan belajarnya di rumah. Anak akan lebih terbuka berkaitan dengan materi pelajaran yang dianggapnya sulit. Anak akan lebih kosentrasi belajarnya karena tidak ada yang mengganggu.

Jadi, pilih mana?? Lembaga bimbingan atau les Privat???

Jika Anda sudah memiliki keyakinan bahwa Kaffah College akan menjadi bagian dari pendamping belajar putra/i Anda maka segerelah hubungi kami. Anda bisa menghubungi kami pada nomor 085799192783 (wilayah Yogyakarta,Sleman,Bantul,Gunung Kidul,Kulon Progo) dan 085876792420 (Untuk Wilayah Solo,Klaten,dan Sukoharjo) atau phohe (0274) 7149135 Untuk sementara, kami baru membuka layanan bimbingan belajar untuk daerah Kotamadya Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Klaten.