Cara Cerdas Jadi Anak Cerdas

cara cerdas jadi cerdasSetiap orang tua tentu ingin memiliki anak cerdas. Berbagai upaya ditempuh untuk mendapatkan anak cerdas. Mengapa sih cerdas itu penting? Tak sedikit dari kita yang jadi minder atau malu bergaul karena dikatakan kurang cerdas atau sering lupa terhadap sesuatu. Hal ini sangat-sangat mengganggu karena selain mempengaruhi psyikis seseorang pada akhirnya juga akan memberi dampak negatif kepada fisik seseorang. Jika dibiarkan berlarut larut, konsentrasi akan menjadi mudah buyar dan penalaran logika menjadi terganggu. Ujung-ujungnya kita juga akan dikatakan sebagai pemilik IQ rendah alias kurang pandai.

Apa Itu Kecerdasan?
Sebelum kita tahu cara meningkatkan kecerdasan, kita kudu tahu dulu apa yang dimaksud dengan kecerdasan. Memang banyak psikolog yangmendefinisikan tentang apa itu kecerdasan. Namun satu definisi yang bisa kita ambil tentang kecerdasan adalah suatu kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, orang yang rangking satu di kelas sebenarnya tidak bisa langsung dihukumi sebagai orang cerdas sebab bisa saja dia hanya cerdas dalam aspek akademis namun belum tentu cerdas dalam aspek social bermasyarakat

Kecerdasan seringkali juga dikaitkan dengan IQ (Intelligence Quotient). Mereka yang memiliki nilai IQ tinggi dikatakan sebagai anak cerdas dan anak yang memiliki nilai IQ rendah dikatakan sebagai anak bodoh. Namun benarkah pandangan seperti ini?
Tes IQ sebenarnya sudah dikenalkan pada 1911 oleh seorang psikolog Prancis bernama Alfred Binet. Awalnya tes ini untuk menyeleksi mereka yang ingin masuk dunia militer atau kerja namun kemudian dijadikan sebagai standar tes seleksi di hampir semua bidang. Ini kemudian berkembang diseluruh dunia. Walau begitu, tes IQ sejatinya hanya mampu mengidentifikasi salah satu aspek kecerdasan saja, yaitu Logika Matematika. Dengan kata lain, kecerdasan manusia yang banyak itu belum terwakili oleh tes IQ sebenarnya.  Padahal sejarah mencatat bahwa mereka yang memiliki kecerdasan luar biasa tidak hanya terpaku pada kemampuan Logika Matematika semata. Mari kita renungkan kecerdasan Ibn Abbas yang mampu mengingat banyak sekali hadist Nabi Muhammad sementara ia masih belia, atau Imam Bukhori sang pengarang kitab Shahih Bukhori dari dataran Bukhoro, dan ilmuan-ilmuan penting seperti Ibn Khaldun.

Biar Tambah Cerdas
Hal penting yang juga perlu kita ketahui adalah kecerdasan bukanlah bawaan sejak lahir. Siapapun berhak untuk menjadi cerdas dan berprestasi dalam setiap bidang. Kecerdasan bukanlah milik orang kaya ataupun anak para dosen, namun siapapun sebenarnya bisa menjadi cerdas. Tergantung dirinya mau atau tidak untuk menjadi cerdas. Trus, bagaimana agar kita lebih cerdas, berpikir lebih jernis, dan memiliki penalaran tajam?
Allah #l telah mengisyaratkan dalam Al Qur’an bahwa sesuatu itu bisa berubah jika kita mau berusaha mengubahnya. Untuk itu, perlu upaya keras pula agar kecerdasan kita menjadi bertambah baik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah senantiasa menggunakan otak kita untuk bekerja optimal. Berbeda dengan “berat”, bekerja optimal berarti menggunakan kemampuan otak dengan maksimal mungkin tanpa melebihi batas kemampuannya. Dengan terbiasa mengoptimalkan peran otak, kecerdasan akan lebih terasah. Jika tak percaya silahkan bandingkan antara orang yang suka hobi tidur dengan mereka yang terbiasa bekerja keras.

 

Samakah tingkat kecerdasannya?
Selain membiasakan otak dengan bekerja optimal, untuk meningkatkan kecerdasan juga bisa dilakukan dengan memperbaiki pola hidup. Pertama, jangan lupa untuk sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas. Jika memungkinkan, sarapanlah dengan makanan yang banyak mengandung lemak. Makanan jenis ini akan memberi tenaga bagi seseorang karena baik digunakan sebagai bahan baker sistem metabolisme tubuh. Kedua, lakukanlah tidur siang walaupun sejenak. Rasulullah #n sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan tidur siang menjelang dzuhur agar orak tubuh rileks sementara waktu. Dalam Islam, tidur seperti ini dikenal dengan istilah khoilullah. Hal ketiga yang juga kudu dijaga dalam rangka meningkatkan kecerdasan otak adalah untuk menghindari tidur sehabis sholat subuh. Bukan berarti haram, tetapi tidur sehabis subuh justru akan menimbulkan rasa malas pada diri seseorang. Biasakanlah, untuk berdzikir atau beraktivitas selepas sholat subuh agar tubuh menjadi lebih segar. Dari makanan, kita juga bisa meningkatkan kecerdasan. Perbanyaklah makan-makanan yang banyak mengandung choline yang bisa diperoleh dari uning telur, daging, ikan, dan susu. Jika sulit untuk selalu mengkonsumsi makanan-makanan itu, bisa dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen yang sudah banyak tersedia di took-toko obat. Tentunya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak yang kita miliki. Teruslah berupaya untuk meningkatkan kecerdasan karena agama ini merindukan generasi-generasi cerdas yang membawa angin perubahan pada kejayaan umat. Terus maju generasi robbani yang cerdas…

Jika Anda sudah memiliki keyakinan bahwa Kaffah College akan menjadi bagian dari pendamping belajar putra/i Anda maka segerelah hubungi kami. Anda bisa menghubungi kami pada nomor 085799192783 (wilayah Yogyakarta,Sleman,Bantul,Gunung Kidul,Kulon Progo) dan 085876792420 (Untuk Wilayah Solo,Klaten,dan Sukoharjo) atau phohe (0274) 7149135 Untuk sementara, kami baru membuka layanan bimbingan belajar untuk daerah Kotamadya Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Klaten.