Konsentrasi Belajar Anak

konsentrasi belajar anakAnak Anda susah untuk konsentrasi dalam belajar? Masalah konsentrasi belajar, tidak hanya dialami oleh satu dua orang anak, namun banyak anak di Indonesia memiliki masalah dengan konsentrasi belajar. Seringkali orang tua menilai konsentrasi belajar anak yang buruk dengan cara melihat kecepatanya menghafal pelajaran atau menangkap pelajaran. Hanya sebatas menghafal atau menangkap pelajaran saja tanpa ada tes sama sekali. Tentu ini menjadi tidak adil bagi anak karena konsentrasi belajar anak tidak boleh hanya diukur dengan cara itu. Sebab, konsentrasi belajar anak bisa saja fluktuatif bukan? Artinya, suatu waktu konsentrasi belajarnya bagus dan suatu waktu konsentrasi belajarnya kurang.

Sejatinya, konsentrasi belajar anak adalah bagaimana anak fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu hingga pekerjaan itu dikerjakan dalam waktu tertentu. Jadi tidak hanya terbatas pada pelajaran saja. Pada beberapa kasus, konsentari belajar ini memang sangat menyulitkan dan mengganggu anak untuk mengembangkan kemampuannya. Nilai pelajaran yang buruk hanyalah sebagian kecil dari banyak indikasi di dalamnya. Tak mengherankan bila banyak orang tua yang mengaku bingung dan kesulitan untuk meningkatkan konsentrasi anaknya. Untuk menyelesaikan masalah itu, orang tua sebenarnya harus terlebih dahulu mengetahui sebab kenapa anaknya mengalami konsentrasi belajar yang buruk. Sangat mungkin konsentrasi belajar anak yang buruk dipengaruhi oleh tidak hanya satu faktor namun banyak faktor. Kita bisa mengelompokkan faktor tersebut dalam dua kelompok besar yaitu kelompok faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal berkaitan dengan faktor-faktor dari luar pribadi si anak yang menyebabkan si anak memiliki konsentrasi buruk. Adapun faktor internal adalah faktor-faktor dari pribadi si anak yang menjadi sebab ia memiliki konsentrasi belajar buruk.
Dalam banyak kasus, faktor eksternal yang menyebabkan konsentrasi belajar anak buruk sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, lingkungan bermain, dan lingkungan tempat tinggal anak. Artinya, semua elemen yang berkaitan dengan aktivitas sosial anak sangat mungkin mempengaruhi konsentrasi belajar si anak tersebut. Atas dasar itulah guru yang tidak menyenangkan bisa menjadi sebab konsentrasi belajar anak terganggu. Untuk itu, perlu pengetahun yang detail mengenai faktor eksternal yang bisa mempengearuhi konsentrasi belajar anak.
Adapun faktor internal yang mempengaruhi konsentrasi belajar anak biasanya memang berasal dari si anak tersebut. Seperti anak yang hiperaktif. Dia akan cenderung sulit untuk berkonsentrasi karena memang dari pribadinya seperti itu. Begitupula saat anak sakit secara fisik maupun psikis. Biasanya, anak yang sedang sakit akan sulit pula berkonsentrasi belajar. Itulah mengapa saat tes konsentrasi si anak diusahakan dalam keadaan senyaman mungkin. Dengan mengenali tentang arti konsentrasi belajar anak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, semoga kita menjadi lebih bijak untuk menilai kemampuan anak. Konsentrasi belajar anak bukanlah sesuatu yang kodrati. Ia bisa naik dan turun karena adanya banyak faktor. Yang terpenting adalah melatih dan menjaga konsentrasi belajar anak agr tetap optimal.

Jika Anda sudah memiliki keyakinan bahwa Kaffah College akan menjadi bagian dari pendamping belajar putra/i Anda maka segerelah hubungi kami. Anda bisa menghubungi kami pada nomor 085799192783 (wilayah Yogyakarta,Sleman,Bantul,Gunung Kidul,Kulon Progo) dan 085876792420 (Untuk Wilayah Solo,Klaten,dan Sukoharjo) atau phohe (0274) 7149135 Untuk sementara, kami baru membuka layanan bimbingan belajar untuk daerah Kotamadya Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Klaten.